Review Keyboard Logitech K380, Keyboard Fisik Untuk Touchscreen Anda

Keyboard Touch Screen vs Fisik

Penggunaan layar sentuh (touchscreen), memang untuk menggantikan keyboard. Dengan kelebihan tertentu, touchscreen dipandang mampu menggantikan keyboard fisik.

Touchscreen lebih fleksibel, dapat mengatur jenis keyboard yang ditampilkan, dengan berbagai macam fungsi yang tidak terpikirkan saat menggunakan keyboard fisik

Pengguna gadget memang dimudahkan dengan penggunaan keyboard pada touchscreen, namun pada saat tertentu diantara mereka memilih penggunaan keyboard fisik, terutama dari feel yang didapat saat menekan tombol pada keyboard, yang sampai saat ini menurut penulis belum tergantikan.

Penulis adalah salah satu dari pengguna yang menginginkan keyboard fisik pada gadgetnya, maka penulis mencari keyboard yang sesuai dengan kriteria yang diharapkan.

Logitech K480 vs K380

Pencarian dimulai dengan melirik ke produsen terkenal, Logitech. Alasan penulis memilih merek ini adalah tidak perlu repot-repot mencari, dan bisa didapatkan dengan mudah di Indonesia.

Awalnya penulis mencari info tentang Logitech dan mendapatkan tipe K480 dan K380. Pilihan pada tipe-tipe tersebut ditekankan pada konektivitas bluetooth dan kemudahan untuk melakukan koneksi multi device (3 device).

Pada K480, memang ukuran lebih besar, dengan slot untuk bersandar gadget, patut dipertimbangkan. Sampai tiba pada sebuah fitur untuk switch multi-device, K480 menggunakan jog dialer(diputar), sedangkan K380 menggunakan tombol. Penulis menyukai tombol karena untuk berpindah dari device 1 ke 3 tidak perlu melewati device ke 2.

Paket K380

K380 mudah diperoleh, penulis membeli melalui penjual online, dengan harga Rp.399.000 penulis sudah mendapatkan paket berupa:

K380 dijual dengan paket berisi keyboard, pouch, dan docking.
K380 dijual dengan paket berisi keyboard, pouch, dan docking.
Isi paket K380
Isi paket K380

Dengan pouch, pengguna tidak perlu khawatir apabila meletakkan keyboard di dalam tas, setidaknya ada pelindung walaupun tidak melindungi dari desakan benda lain di dalam tas.

Sedangkan dengan docking, lumayan membantu karena keyboard ini diperuntukkan untuk mobile, dan pastinya membutuhkan sandaran untuk gadget  yang digunakan.

Pengoperasian Awal K380

Setelah paket tiba dirumah, penulis mendapati bahwa didalam keyboard sudah ada dua buah baterai, siap digunakan, hanya tinggal mencopot plastik penghalang. Baterai sepertinya sudah standar dalam keyboard logitech yang membutuhkan, karena sebelumnya penulis juga mendapati pada K400 plus.

Baterai yang sudah disertakan dari Logitech.
Baterai yang sudah disertakan dari Logitech.
Tampak Belakang K380
Tampak Belakang K380

Untuk memastikan keyboard sudah menyala, dapat melihat pada switch di samping kiri keyboard.

Tombol Switch On/Off
Tombol Switch On/Off

Pengoperasian keyboard ini juga mudah, karena dilengkapi manual sederhana.

Manual Sederhana K380
Manual Sederhana K380

Dengan menekan tombol 1/2/3 selama 3 detik, sampai lampu berkedip, lalu pengguna hanya tinggal connect dari gadget.

Tombol-tombol inilah yang digunakan untuk koneksi ke multidevice
Tombol-tombol inilah yang digunakan untuk koneksi ke multidevice

Untuk penggunaan dari PC, pengguna akan diminta memasukkan kode unik pada layar, dan mengetikkan pada keyboard.

Penggunaan Untuk Mengetik

Ukuran keyboard yang terbilang kecil, sempat membuat penulis melakukan adaptasi terlebih dahulu, namun tidak perlu lama-lama, karena ukuran pada keyboard ini sudah mirip dengan ukuran keyboard mobile ataupun laptop 14 inci.

Bentuk tombol yang bundar juga tidak menyulitkan penulis, namun “feel” saat menekan tombol tersebut tidak bisa menggantikan keyboard dengan ukuran normal, apalagi bila dibandingkan dengan keyboard mekanik.

Pada pengetikan untuk malam hari, penulis mendapatkan kesan yang berbeda, karena K380 penulis berwarna biru dan mendapatkan warnanya tidak terlalu menyala. Apabila digunakan dengan pencahayaan redup pada malam hari, akan terasa gelap.

Perbandingan Warna
Perbandingan Warna

Penulis mencoba membandingkan biru K380 dengan biru mouse logitech wireless, dan biru nya berbeda.

Bila pembaca melihat perbedaan yang penulis maksud, dapat mempertimbangkan warna lain, yaitu abu-abu.

Penutup

Pengguna yang membutuhkan keyboard tambahan (fisik) dapat mempertimbangkan produk ini.

Dengan ukuran yang kecil dari, penulis merasa K380 cukup berat.

Feel untuk tombol dirasa kurang clicky, namun dapat dimengerti mengingat K380 memang diperuntukkan untuk mobile.

Secara keseluruhan, nilai K380 adalah baik, untuk perbandingan dari harga dan kualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *